Balada Car Hunting

Saya tidak pernah menyangka, car hunting can be this difficult. Saya selalu percaya for everything … semua hal ada jodoh nya, seperti juga beli barang apapun itu. Hal yang simpel, seperti saat saya beli baju. Saya bukan termasuk tipe konsumtif yang tiap kali masuk toko, saya pasti belanja. Based on my needs seperti baju, pada saat saya butuh … belum tentu pada saat itu juga saya masuk toko, belanja, pasti langsung dapet, Happy Ending. It’s not as simple as that. Saya selalu berpikir, barang itu yang akan memanggil saya. Terkadang saya bisa menemukan baju yang posisi nya kadang agak nyelempit, tapi pas, cocok dan menghasilkan Happy Ending pada acara belanja saya.

Begitupun acara car hunting saya kali ini. Sebelum-sebelumnya, saya tinggal terima jadi … alm. Papie saya, kakak lelaki saya ataupun suami kakak saya yang lebih involve dalam pemilihan dan pencarian mobil untuk keluarga kami. All these years sejak saya bisa setir sendiri, ngertinya cuman pake doang. The rest, Mr. Driver takes care of the rest heheheeh … supir-supir kami have been in the family for 30 years. Pak Man akhirnya retired beberapa tahun yang lalu, sambil every once in a while nongol ke rumah sekedar ngobrol-ngobrol dengan mamie atau kalau ada acara di rumah, nongol sambil bawa sajen (lemper buatanya bu Man enaaaaaak banget). Cak Nono, kalau gak salah dari saya masih bayi juga udah joined the club, sampe sekarang udah bercucu … jadi oper ikut keluarga kakak cewek saya. Alhasil, sekarang kami (saya dan mamie) kebagian si Mindy. Halaaah … jadi inget serial tahun 80an, si Mork and Mindy. Aslinya namanya si Parmin. Mindy ehhh Parmin, dulu ikut keluarga Tante saya. Cuman karena we considered Tante saya rada nyentrik, eh lah kok nular ke mantan anak buah nya. Sering kali mislek antara order kami dengan hasilnya. Next time, saya ceritain deh … gimana errornya si Mindy … bikin saya gulung-gulung bener.

Anyway (kok jadi nglantur), dongengnya berawal dari mobil yang biasa dipake mamie considered to be old dan akhirnya kita putuskan untuk dijual saja. Mamie berpikiran untuk mentake-over mobil saya yang considered as mobil niaga, yang bisa dipake rame-rame sama temen-temen arisan, temen ngaji ato temen-temen golf nya mamie yang segambreng itu. Well … okay … MONGGO. It leaves me carless for weeks, event almost a month. Tapi saya jadiin kesempatan, mayan juga gak usah nyetir! Mindy ready buat anterin saya ke mana2. Sebagai perempuan penebeng nomer 1, saya juga harus menyesuaikan jadwal saya dengan acara Mamie ataupun jadwal Mindy jemputin keponakan-keponakan saya. Hmmm … saya jadi tau, kao saya gak di rumah kegiatan lain dari Mindy adalah supir cadangan kakak tertua saya buat jemputin anak-anaknya.

Apakah saya buru-buru cari the new one? Errr … enggak juga. Saya tiap hari liat iklan baris di koran … tapi barangnya belum manggil. Sampai my best Buddy sejak jaman kuliah, Adrian Laksono, yang kebetulan lagi jadwalnya pulang dari offshore saya paksa-paksain buat nganterin saya berburu mobil. Sapa tau ada mobil yg manggil heheheh …
Senin itu saya lagi sakit, tidur seharian di rumah … eh sore-sore Sonny (panggilan Adrian) telpon.
Sonny (S): Bu, mau jalan jam berapa?
Me : Loh, aku hari ini teler Pak. Masuk kantor aja enggak.
S : Ya elaah … mumpung aku blum balik offshore buuuu. Bisa bangun ‘kan?
Me : Bisa sih.
S : OK, gw jemput jam 4 ya?
Me : Ya wes … *pasrah*

Sampai rumah saya, instead of langsung berangkat, dia malah masuk-masuk rumah saya liat detil tangga, cabinet di dapur, pintu wese saya yang agak exhibitionist kata orang-orang. Dia bawa si Gondo, temen kuliah saya yang jadi kontraktor (sebenernya saya udah booking si Gondo buat renovasi cabang baru kantor saya, alhasil sempet tarik-tarikan antara saya dan Sonny buat dapetin si Gondo … halaaah capedeeeee!). Setelah puas, dia langsung buru-buru ngajak saya cabut.

Sampai di tempat orang yang punya mobil yang kayak saya pengenin sudah menjelang maghrib, tapi masih cukup cahaya matahari buat ngecek. Well … I left it all to him. Begitu pintu garasi dibuka … saya langsung … melongo …. this is like a dream come true! I really want this car … silvery and looks really nice.
Saya bisiki Sonny, Bagus ya Pak?
Sonny hanya bilang … hmmmm!
In 15 years, he hasn’t changed a bit. Saya hanya liat dia dari kejauhan, agak serem, dengan gaya nya yang a la Gogon itu waktu melihat kap mesin, dan bagasi. Pandangannya sangat menusuk … JLEB!
Sedang si Gondo asik-asik melihat mesin sambil menyalakan senter (I’m pretty damn sure dia gak terlalu ngeh tentang mesin), Sonny menyalakan mesin. Saya ikut masuk ke dalam mobil, sambil ngobrol bisik-bisik dengannya.
“So??” tanya saya.
“Kamu mau mobil ini Bu?”
“I don’t know? Looks good sih.”
“Kamu mau aku nawar?”
“Errr … aku belum liat yang lain sih. What do you think?”
“Not bad, tapi aku gak berani recommend. Just standard sih.”
“Trs …”
“Sabar lah, kita cari yg lain ya Bu?” Saya mengangguk pasrah.

Di perjalanan pulang, mulei deh ceramah tentang mobil. Yang A, B, C, D … at the end, udah lah … kalo gak buru-buru, ntar gw tanyain temen-temen. Anak-anak mesin banyak yg jual beli mobil kok. CAPEDEEEEEE …
Ternyata saya harus meneruskan karir sebagai prempuan penebeng lagi. Ternyata jadi perempuan penebeng itu kurang nyaman. For every once in a while emang enak … gak perlu nyetir sendiri, dianter jemput. Tapi kalo tiap hari … aduuuuuu …. gak deh! Kudu properly liat jadwal mulu. Dan buntut-buntutnya, Mamie udah mulei … “Kalo cari mobil yang serius!” Hmmmm … mulei bosen ditebengi deh si Mamieh! Tapi somehow, saya teuteup yakin, “You’ll find me!”

Pernah sih saya berusaha sendiri, cewek-cewek berdua sama Ambalika Kusuma, sahabat saya dari SMP pas abis nyalon di minggu yang cerah, berburu mobil yang saya pengen. Mana di koran disebutin harga yang agak miring … Saya minta Lika but nelpon si pemasang iklan.
Lika (L): Pak Oris?
L : Kalau mau liat mobil masih ada?
L : Minta berapa?
L : Alamat?
L : Bagus gak ya?
L : Loh Bukan Pak Oris? Dengan siapa? Owhh Pak Reza, okay deh.

Me : Pak Reza apa Pak Oris?
L : Pak Reza.
Me : Lah kok Pak Oris?
L : Niii liattt … Oris kan? Terus nomer telponnya? Ya gw cari Pak Oris dong?
Me : *Bingung mode on* Geblekkkk … Oris tuh orisinall kaliiiii
L : Bow … serius lo? Wah, gw gak ikutan turun deh … malu gw!
hahahahahahahahh ….

Ternyata sekelebatan mobil itu tidak seperti dugaan kami. Body kurang yahud. Untung gak ngajak Sonny. Bisa tambah panjang aja itu slepetan Sonny buat saya.

Belum sempet dia dapetin mobil buat saya, ehhh … tiba-tiba dia udah jadwalnya balik melaut. See you in two weeks time! Mau gak mau saya hunting lagi sendiri, dengan keyakinan … Find me … Find me … you silvery classy luxurious car! (aduh aduh aduh … saya mulei hyperbolic!). Didn’t do too much effort, di sabtu pagi yang indah, pada saat saya akan berangkat ngantor … ehhh … ada satu iklan tentang that silvery classy luxurious car (at least based on my own version). Saya tinggalin nomer telpon untuk ditelpon either my mom or Cak Nono or even my brother/brother-in-law.
Finally, it’s a done deal! Walopun pas sampe rumah si Mamie bilang, ipar saya rada ngomel … katanya dia udah persuade temennya buat jual mobil nya buat saya. WHATTTT??? Are you crazy or what??? Ide yang menurut saya agak absurd … orang gak mau jual mobilnya, kok dipaksa-paksa. Sutra laaa … SHe’s such a nice person cuman suka denger her own inner voice instead of yang menurut kewajaran bersama.

At the end, everybody’s happy …

Sepulang kantor, Senin kemaren … that silvery little thing already in the car port waiting for me. Saya elus perlahan, “Finally you found me!”

The only thing yang ingin saya lakukan adalah ….. jadi pengen cepet-cepet nunjukkin ke Sonny … what a nice silvery classy luxurious little thing in my car port now. Cepet pulang, Sonnnn!

Advertisements

12 thoughts on “Balada Car Hunting

  1. Mobil memanggil….
    Cinta memanggil jugakah ?
    awww….;p

    >>> Kesel gw ingetnya, Neng! Such a stupid thing to do. Tapi tak kuasa saat melihat tatapannya yang JLEBBBB itu!!

    Neng, misyusomat … Rindu saat muter2 gak ponteng tapi gak nemu2 makanan, miss Baso!

  2. asik asik..mobil baru nigh!!
    finally, dapet juga mobilnya mbak! 🙂
    hmm..mau cepet2 nunjukin mobil ke mas sonny apa kangen sama orangnya?? kayanya sih dua2nya deh 😉
    hehe…

    *ditimpuk mbak wig’*

  3. so, si mas sonny udah pergi lagi? ya gpp, dapet gantinya toh?
    mobil baru…

    *kabur takut ditimpuk sendal*

    >>> Dari dulu dia selalu dateng pada saat yang tepat and save my day (bagaikan superman)

  4. hihihi…mbak..congrats mobil barunya…ngiri deh..
    eh mbak,, masi inget comment di blog saya ga? saya mengikuti petunjukmu loh..yaitu..dinikmati aja..jadi skarang saya ngedate-ngedate deh sama si mantannya temen ituh..hehe

  5. waduh buk..
    setelah membaca postinganmu kali kedua, aku baru NGEH kalo akhirnya kamu udah dapet mobil. my mind wandering to your god ol’ friend si Sonny yang menurut fotonya di HP lamamu itu, nampaknya GHANTENG benneeerrr…

    😉

    J-Sriwulandari

  6. Pingback: I thought it was over … « Inginbercerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: