Unhappy .. it’s all in the state of mind!

Hari Senin, adalah hari nonton saya dan neng Thea. Setelah kuliah yang melelahkan di wiken kemaren, rupanya choco mousse dan black forrest roll a la Hyatt masih belum cukup memuaskan kelelahan batin yang kami alami … halahhhhh … heheheh. Well, saya memang punya tendency untuk menjadi hyperbolic pada saat saya menjomblo seperti sekarang ini.

Film yang kami pilih hari ini adalah Radit dan Jani. Why? Simply karena seat untuk Otomatis Romantis tinggal di 2nd row from the very front row. I don’t mind, really! Tapi karena SMS Neng Thea berkata, Mbak, kita nonton Radit & Jani, OtRom penuh, dpt no2 dr dpn. Takuseyeee. Ya sudah, the decision has been made … then just right ahead.

Comment ringan mengenai film ini, gak terlalu pentinglah pendapat saya … heheheh … saya gak terlalu enjoy! Agak depressing untuk saya yang nonton butuh dihibur instead of ikut merasakan penderitaan orang lain … saya sudah cukup menderita kok! (see? I’m being hyperbolic again!)

Anyway, at the end of the day, ritual muter cari tempat makan tetep terjadi. This time tidak di mall, tapi muter-muter kota … sambil berputar-putar entah mengapa topik kami malam ini adalah about UNHAPPY people! Why? Apakah karena saya being unhappy? Nooo … nooo … I’m good … I’m fine! Masa duka sudah berlalu, No WOrry! It’s about my friend, Dina and Neng Thea’s friend, Cici. What’s wrong with those 2 ladies?

“Mbak, Mbak, Mbak” panggilan rumpisari a la Neng Thea mengawali diskusi malam itu.

”Hmmm … kenapa?”

Meluncurlah cerita mengenai Cici, temen sekantornya, yang merasa entah frustasi, depresi atau apa lah namanya. But the bottom line is, nothing seems to be right..

“Hiiii … kok bisa gituuuuu???” kata saya sambil terus nyetir.

”Iya tuh gatauk, masak kalo aku mo pulang ke Bandung dibilang, hmmm pulang terus, pasti mo ketemu pacar dengan nada gak enak. Emang wotsrong sih?? Kalo dengan kalimat yang sama dengan tone of voice yang lebih ramah … aku juga ngerti kok kalo dia try to be nice.”

”Kamunya sensi kali, Neng?”

”Duh Mbak, bukan aku ajah … si temen ku kapan itu kebetulan pake baju baru … ehh dia bilang, baju baru lageeee … sayang amat sih duitnya dipake beli baju baru terus, mending ditabung. Sambil bersungut-sungut gak jelas.”

Ternyata walaupun saya dan Neng Thea berbeda jarak umur cukup jauh (7 tahunan), ternyata permasalahn kami tidak sejauh itu perbedaannya. Saya kemudian jadi teringat dengan teman saya (quite a close friend) yang sedang mengikuti suami nya bertugas di luar Jawa.

Dina adalah mantan staff saya di kantor. Sudah sejak 5 tahun yang lalu setelah mereka menikah, Dina diboyong Yoga ke negara tetangga. Dina yang career woman minded dan pernah bekerja di bagian legal suatu korporasi besar di Indonesia, tidak bisa tinggal diam. Dia kemudian bekerja sebagai Project Secretary di tempat Yoga. Memang sih bukan dream job untuk Dina, tapi no other option. Soon after, lahirlah Arsha yang melengkapi pernikahan mereka. Gak ada yang kurang lah dari hidup mereka lah. Sebelum umur 30 mereka udah dapet almost everything dalam kehidupan mereka.

Tapi ternyata saya salah, entah mengapa itu feeling yang timbul dari saya. Dan lately, feeling itu semakin kuat. Dina sekarang menjadi seseorang yang menjadi super duper rewel, dan nothing seems to be right.

Beberapa tahun yang lalu, memang sempat dia frustrated being away from ibukota. Being away from the things she has always dreamed of. Even in her worst time, dia SMS saya, “Mas Yoga yang bikin aku kayak gini, Mbak! Aku jadi gak bisa ngapa-ngapain. Di rumah, repot, kerjaan gak abis-abis. Arsha kadang gak ngerti Bunda nya capek, rewel terus. Mana Mas Yoga pulang nya malem terus. Aku capek, Mbaaaaak!”

Saya pikir dia sedang mengalami baby blue syndrom, jadi ya saya cuman bisa bilang, “Sabar, Din. Semakin kamu BT, itu bakal nyetrum ke Arsha, and it will make things a lot worst!”

Tapi dengan bertambah besarnya si Arsha, ternyata kebiasaan nagging nya si Dina ini kok tambah lama tambah hari kok saya rasa semakin parah. Selain rewel, gak pernah happy dengan dirinya sendiri, selalu mencari obyek untuk disalahkan. Tiap hari, over Yahoo Messanger, selalu aja adaaaa yang diprotes,

”Sebel aku boss ku ini, pancen edan kok. Ngasi kerjaan gak abis-abis.”

”Driver-driver di sini emang gak bisa dikasi ati, udah diaturin schedule blablabla dasar males!”

”Capek aku, 2 hari tidur jam 2 terus banyak pesenan cake … gak mood aku!”

Kalau saya bilang ya udah dong ditolak kalo capek, dia bilang sayang.

Kalau saya bilang udah brenti aja, toh bisnis cake nya udah mulei rame, dia bilang omzet belum bisa menyamai gaji dia sebulan.

Kalau saya bilang ya djalani pelan-pelan, toh emang udah terlanjur milih ngambil kerjaan itu kan kudu konsekuen ngerjainnya, dia bilang ….aku capek, mbakkkkk.

*Speechless … gak ada yang bener*

Entah mengapa saya kehilangan teman saya yg metal (dia dulunya cewek metal banget) yang ceria. Yang bisa bikin suasana meriah gara-gara kegilaannya dulu. Saya ngerasa, all she cares about is her own things to be nagged. Udah ngomongin dirinya sendiri dan pake acara direwel-rewelin.

Saya sangat ngerti, it’s not easy being her … tapi saya pikir, kalo ngelayani kerewelan dia lama-lama saya bad mood juga. Mana kadang dia curhat pada saat saya juga kebetulan lagi not in a good condition. Saya kadang pengen tereak, or even pengen mecahin piring di atas kepala nya. “Sadar, Ndukkkkkk … Life’s not easy!”

Pernah suatu kali pada saat status di YM saya menunjukkan kalau saya lagi gak enak hati.
Dina : Ngapain, Mbak?
Saya : gpp (saya males cerita masalah saya)
Dina : gak enak ati kah?
Saya : ya … just one of those days lah … gpp kok.
Dina : masak sih? Ngomong dong …
Saya : it’s okay, nanti kan beres. Aku gak bisa ngomongin, cuman gak enak ati. Lagian emang kalo aku mo curhat ato cerita, sapa ya peduli sih aku lagi gak enak ati ato gak enak body? Emang kalo aku cerita ada yang mau ngerti? (kata saya dengan penuh sindiran dan agak galak memang)
Dina : Lho kok gitu seh ngomongnya … (dan berlanjut ke acara curhat bt gara-gara mau beli ini itu gak boleh beli sama sang juragan a.k.a mas Yoga suaminya).
*aaaaaarrrrrrrrrrrrghhhhhhhhhhhhhhhhhh*

Yaaa … emang gini lah nasib orang kayak saya yang beraura curhat. Terkadang saya mo share my happiness dengan Dina. Pernah pas saya baru pulang liburan dan dateng ke nikahan teman saya dan Si Mas (hiks … kok si Mas lagi). Saya bilang, ”Eh mo liat foto aku sama si Mas gak?”
She had no comment cuman accepting share foto dari saya.

Pas saya tanya, udah kliatan belum?
Dina : Udah
Saya : Jelas? (dasar agak narsis, berharap cemas menanti comment)
Dina : Owh, ini yang namanya Mas Wisnu yang kerja di blablabla. Kapan kawin?
Saya : Ya belum lah Din. Belum juga apa-apa.
Dina
: Kirain udah mau kawin. (and then telling all her BT story all over again!)

THAT WAS THAT!
God! And it’s even difficult for her to be happy for her close friend kayak saya. She totally becomes a different person.

She’s just being hard to be pleased! Akhirnya, saya playing tough juga. Saya gak mau terbawa arus BT nya dia. Instead! Malah saya sering bilang, ya … kekeselanmu yang bikin ya kamu sendiri! (ciehhh …. Lagi begaya wise nih saya!).

Few weeks ago, saya suruh dia beli THE SECRET. Sapa tau dia bisa termotivasi buat mengeksplore positive attitude buat menarik banyak hal baik in the universe.

“Gak dulu kali mbak. Dimarahin juragan bolak-balik beli buku belum kebaca.”
”Owhh … OK.”

Kemudian ada SMS beberapa hari kemudian.
Eh, Mbak … bojo ku bilang katanya tumben beli buku rada ’genah’ (genah means bener – bhs jawa).

Sukur deh …. saya tinggal menanti keajaiban. Apakah setelah baca buku itu … dia bakal jadi agak-agak lurus huahhahahaahah.

Tit tit … ada SMS masuk.

Dina :
Mbak, agak susah dimengerti. Agak terlalu filosofis. Mas Yoga gak ngeh nih di buku terjemahan, mo cari aslinya ajah. Dasar gaya! Sok banget!
(kenapa kudu tetep ada komplein nya sih/???)


Saya :
Ya gpp toh, Din. Biar Mas Yoga bacanya enak.
(saya ngerti sih maksud dia, cuman saya sengaja aja …
I hate her being negative gitu)

Saya jadi bingung apa sebabnya dia jadi begitu. Tapi saya gak mau pusing lah. Saya gak mau menutup silaturahmi saya sama dia, tapiiiii …. saya gak mau ketularan BT dan unhappy kayak Dina. It’s all in our state of mind. Kalo kalo muncul sesuatu yang unpleasant, gampangnya, saya gak mau hal itu bikin BT saya karena negative thing will lead to another negative thing. Kalo kita yakin bahwa everything will be okay …. Another good thing will be on the way. Saya yakin itu!

12 thoughts on “Unhappy .. it’s all in the state of mind!

  1. Emang sebel yah kalo ada orang kok bawaannya negatiffff mulu… tapi pasti mba wiggy dicintain sama temen2nya de :D. Such a good listener you are…

  2. mbak,

    bener gak klo’ being happy or unhappy is a choice?

    hehehe.. ribet juga yah klo ada orang yg kerjaannya ngeluh terus… hmmm… *mulai ngaca diri sendiri*

  3. terimakasih sudah mengingatkan *kesmpulannya itu loh*…iya kalo ada orang being negative, suka kebawa2 ke kitanya….*jadi mengingatkan diri sendiri*

  4. Mba wig, ini yah aq kutip dari kertas bekas bungkus roti goreng teman sarapan pagi sebelum kita kuliah :

    HAPPINESS IS ABOUT MINDSET titik

    ya gimana mo seneng kalo default hatinya diset iri dengki caci maki mulu ama orang, ga aturable banget.

    beda dong ama qta…
    Bisa tertawa dalam derita…menangisi bahagiaa…
    dudududu *Lingua mode : ON*

  5. Jadi mengingatkan ama temen saya. Setiap YM dan SMS complain mulu. Dan complainnya sama gitu “eh gue di gosipin lagi ttg begini begitu blablablabla” Akhirnnya saya jadi bingung. ini mo curhat, ato mo nunjukin kalo dia sepopuler seleb jadi kerjaannya digosipin mulu? haahahaha… dan saya selalu berakhir di jawaban yang sama “introspeksi… ga ada asep kalo ga ada api”, just to shut her up! 😀

  6. Pingback: Unhappy People … It’s all in the state of mind par deux « Inginbercerita’s Weblog

  7. ternyata emang benner ya Zeus…
    kalo kita BT mulu, negatif mulu… itu bisa bikin orang laen jadi eneg ama kita.

    salam deh buat temennya si Zeus yang udah punya anak, suami, karir yang oke, hobi yang menghaslkan duit (bikin cake), tp teteppp aja semua berasa ga ada yg benner…

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

